Obat Epilepsi Pada Ibu Hamil

Obat epilepsi pada ibu hamil Penyakit epilepsi adalah serangan merupakan penyakit syaraf menahun dan bisa mengakibatkan seseorang yang menderita penyakit epilepsi ini terserang secara mendadak dan ditandai dengan kejang-kejang dua kali atau lebih tanpa ada alasan yang menyertainya. Dalam bahasa Indonesia, penyakit epilepsi disebut juga sebagai penyakit ayan.

Bagi para wanita penderita epilepsia (penyakit ayan) dapat berbahagia juga dalam kehidupan perkawinannya. Wanita penderita epilepsia dapat melalui tahap kehamilan dan melahirkan dengan aman asalkan secara intensif melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Intinya asalkan pengobatannya yang dilakukan dengan obat epilepsi pada ibu hamil diteruskan, dia dapat melanjutkan kehamilan dan hingga melahirkan.

Hal yang juga dibutuhkan oleh wanita penderita penyakit epilepsia adalah kesediaan pendamping atau keluarga dekat di sekitarnya yang siap siaga setiap saat apabila serangan kejang timbul. Biasanya dalam kehamilan muda pada penderita ayan akan lebih sering timbul serangan kejang.

Penyakit epilepsi memiliki arti lain yaitu sebagai adanya kumpulan gejala dan tanda-tanda secara klinis yang muncul yang disebabkan dari adanya gangguan yang terjadi pada fungsi otak secara intermiten. Gangguan otak tersebut terjadi akibat lepas muatan listrik yang abnormal atau berlebihan dari neuron-neuron secara paroksismal dengan berbagai macam etiologi, sedangkan serangan atau bangkitan epilepsi yang dikenal dengan nama epiletic seizure adalah manifestasi klinis yang serupa dan berulang secara paroksismal yang disebabkan oleh hiperaktivitas listrik sekelompok sel saraf di otak yang spontan dan bukan disebabkan oleh suatu penyakit otak akut (unprovoked).

Penyebab Seseorang menderita penyakit Epilepsi

  1. Adanya pergantian zat kimia yang berlangsung didalam otak
  2. Pernah mengalami cedera atau luka dibagian kepala hingga mengakibatkan trauma pada otak anda
  3. Faktor genetika tetapi bukan faktor keturunan
  4. Pada sistem kelahiran, berlangsung luka pada kehamilan yang dialaminya
  5. Pernah mengalami masalah fisik atau mental
  6. Dapat juga dikarenakan faktor lingkungan sekitar anda.

Perlu diketahui bahwa penderita epilepsia tidak boleh menyusui dan memandikan bayinya seorang diri tanpa pengawasan serta bantuan orang lain. Sebab bila penderita epilepsi seorang diri memandikan atau menyusui bayinya akan sangat berbahaya mengingat bayi dapat terjatuh atau tenggelam dalam bak mandi apabila penderita secara tiba-tiba mengalami serangan kejang.

Kebanyakan wanita epilepsi yang tengah hamil berhenti minum obat epilepsi pada ibu hamin karena takut anaknya cacat sewaktu dilahirkan. Justru fatal akibatnya bagi ibu dan janin. Ibu bisa kejang dan terjatuh. Itu alasan psikososial mengapa wanita penderita epilepsi cenderung menutupi bahwa yang menderita epilepsi terhadap suaminya. Jika memang mengonsumsi obat epilepsi pada ibu hamil dari dokter pun, harus minum secara teratur dan tidak boleh berhenti mendadak. Pengehentian minum obat secara mendadak dapat mengakibatkan serangan baru yang dapat memiliki dampak yang serius, seperti serangan epilepsi beruntun.

Frekuensi yang dapat terjadi saat hamil seperti :

  1. jika anda seorang wanita yang sudah menikah dan sedang dalam masa penjajakan untuk hamin maka anda akan sering mengalami serangan penyakit  setiap bulan sebelum masa kehamilan anda berlangsung, frekuensi serangan akan meningkat selama hamil dan anda akan terus membutuhkan obat epilepsi pada ibu hamil.
  2. Ibu yang selama 9 bulan tidak pernah atau hanya sekali mangalami serangan penyakit epilepsi, maka ia tidak akan mengalami peningkatan serangan selama masa kehamilan
  3. Ibu yang 2 tahun bebas serangan, risiko serangan selama hamil menurun atau bahkandapat hilang
  4. Frekuensi serangan meningkat jika mengandung janin laki-laki dan menurun jika janin perempuan karena penderita penyakit epilepsi akan lebih banyak menyerang laki-laki dibandingkan dengan wanita.
  5. Serangan pada ibu hamil akan lebih sering terjadi pada trimester 1

Komplikasi Pada kehamilan

Komplikasi yang mungkin akan muncul ketika seorang ibu hamil mengalami pentakit epilepsi adalah seperti, perdarahan, mual muntah yang berlebihan akibat dosis tinggi obat ayan atau epilepsi pada ibu hamil, risiko herpes maternal 6 kali, pre-eklampsia, persalinan caesar dan kematian ibu saat hamil.

Efek obat epilepsi pada ibu hamil ke janin. 

Efek yang akan timbul ketika wanita yang memiliki penyakit epilepsi yang menjalani masa kehamilan, maka akan mengalami bayi lahir Caesar, bayi yang lahir prematur, berat bayi rendah, kurang oksigen (hipoksia), cacat bawaan, bibir sumbing, kematian janin dalam kandungan ketika atau setelah dilahirkan.

Kehamilan memicu serangan epilepsi

Beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya penyakit epilepsi yang diderita selama masa kehamilan adalah :

  1. Meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesteron di plasma darah
  2. Terjadi perubahan metabolik akibat kenaikan berat badan mengganggu metabolisme obat antiepilepsi sehingga menimbulkan kejang
  3. Kurang tidur akbiat morning sikness, nyeri pada pinggang atau gerakan janin
  4. Mual mutah pada saat masa kehamilan dapat mengganggu penyerap penyerapan obat anti epilepsi
  5. psokologik atau stress serta cemas yang dirasakan ibu pada saat masa kehamilannya.
  6. Ibu hamil yang berhenti mengkonsumsi obat epilepsi pada ibu hamil karena takut efek dari obat yang dapat mempengaruhi janin.

Pengaruh kehamilan terhadap penyakit epilepsi sangat bervariasi. Kira-kira seperempat (1/4) dari kasus frekunsi bangkitan akan meningkat terutama pada trimester terakhir. Seperempatnya lagi menurun dan separuhnya tidak mengalami perubahan selama masa kehamilan pada ibu berlangsung yang ditambah dengan obat epilepsi pada ibu hamil.

Obat Epilepsi Pada Ibu Hamil

Cara Pemesanan Obat Epilepsi
Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Epilepsi / Ayan dan Memperbaiki Sel-Sel Saraf Yang Rusak

Harga Obat Epilepsi

Harga 1 Botol Obat Epilepsi isi 60 Kapsul = Rp.95.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Epilepsi, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Epilepsi Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Epilepsi / Ayan dan Memperbaiki Sel-Sel Saraf Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Epilepsi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>